Breaking News
---

Lionel Messi Raih Ballon D'or Kedelapan Kalinya

 Megabintang Argentina, Lionel Messi resmi memenangkan Ballon d’Or 2023. Ia mengalahkan Erling Haaland untuk merebut trofi bola emas untuk kedelapan kalinya.

Lionel Messi Raih Ballon D'or Kedelapan Kalinya
Lionel Messi Raih Ballon D'or Kedelapan Kalinya

Penghargaan Ballon d'Or 2023 berlangsung di Paris, Prancis, pada Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. Pemain Inter Miami tersebut jadi pemain Major League Soccer (MLS) pertama yang merengkuh trofi tersebut.

Dilansir dari ESPN, mantan pemain Manchester United dan salah satu pemilik Inter Miami, David Beckham, menjadi orang yang menyerahkan penghargaan ini kepada Messi. Kemenangan Messi kali ini jadi perdebatan, mengingat Erling Haalnd memiliki musim yang fantastis bersama Manchster City. 

Striker Norwegia itu mengemas 52 gol musim lalu saat membawa The Citizens meraih treble winners. Haaland yang menempati posisi kedua, pada akhirnya hanya memenangkan trofi Gerd Muller, yakni penghargaan untuk striker terbaik musim lalu.

Dalam penghargaan lain yang diumumkan, rekan setim Messi di Argentina, Emiliano Martinez, memenangkan Trofi Yachine untuk kiper terbaik. Sementara gelandang Inggris dan Real Madrid, Jude Bellingham, dianugerahi Trofi Kopa sebagai pemain top dunia di bawah usia 21 tahun.

Bagi Messi, trofi Ballon d’Or 2023 semakin mengukuhkan rekornya. Sebelum ini pun, tidak ada pemain yang mampu menyamai jumlah bola emas yang ia menangkan pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali. Sementara Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten masing-masing adalah pemenang tiga kali. 

Messi mencetak 21 gol dalam 41 penampilan musim lalu saat Paris Saint-Germain mempertahankan gelar Ligue 1, sebelum pindah ke Inter Miami awal tahun ini. Sejak pindah ke AS, ia telah mencetak 11 gol dalam 14 pertandingan untuk Miami, dan membantu tim tersebut memenangkan trofi pertamanya, Piala Liga.

Namun, penampilan Messi di Piala Dunia pada akhir tahun 2022 lah yang membuatnya mendapatkan Ballon d’Or kedelapan, saat Argentina mengakhiri penantian 36 tahun untuk dinobatkan sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya.

Messi, sebagai kapten, berperan penting dalam kesuksesan Argentina di Qatar. Dia mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist saat ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen.

Dia mencetak dua gol di final dan sekali lagi dalam adu penalti melawan Prancis, ketika anak asuhan Lionel Scaloni mengalahkan Prancis dalam salah satu pertandingan paling berkesan dalam sejarah kompetisi tersebut. 

Pada usia 36 tahun empat bulan, Messi juga menjadi pemain tertua kedua yang pernah memenangkan Ballon d’Or, menggantikan pemenang tahun lalu Karim Benzema. Hanya pemenang perdananya, Stanley Matthews pada tahun 1956, yang lebih tua ketika ia memenangkannya pada usia 41 tahun.

Baca Juga:
Tutup Iklan